May 04, 2012

Kultur Kutu Air Untuk Pakan Anak Ikan

0 komentar
budidaya kutu air

Kutu air (Daphnia) adalah salah satu pakan untuk burayak atau anak ikan hias, seperti ikan koki, ikan cupang, ikan guppy, moly, dsb. dan dapat mempercepat pertumbuhan, dan dapat dibeli dari penjual pakan ikan hias di toko ataupun pasar ikan hias, namun dapat membudidayakan sendiri kutu air itu dengan mengkulturkannya, dengan budidaya sendiri bisa lebih efisien dari segi waktu dan dana (menekan biaya pakan), baiklah berikut tahapan untuk budidaya kutu air untuk pakan ikan koki :

1. Siapkan media atau tempatnya

Tempat bisa berupa kolam semen kecil atau kolam terpal ukuran 1x1x30 cm sudah cukup, atau ukuran lainnya juga, atau ember juga bisa,

2. Siapkan pakan untuk kultur kutu air

alternatif 1 : siapkan 1 kg kotoran ayam, lalu jemur sampai kering, ditambah ampas kelapa parut secukupnya saja , cukup 2 genggam.

alternatif 2 : siapkan 1 kg sayuran kol yang sudah layu lalu di rebus sampai seperti bubur.

3. Masukan pakan kutu air tadi (alternatif 1 atau alternatif 2) kedalam media tempat ikan dan isi dengan air, dan beri aerasi, biarkan beberapa hari sampai air menghijau atau coklat

4.Masukan kutu air 2 gelas

5. Dalam 3 hari jumlah kutu air sudah banyak

Agar jumlah kutu air stabil, maka dari itu diperlukan maintain berupa pemberian pakan dengan alternatif 1 atau alternatif 2 selama 2 minggu sekali.

mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi pecinta ikan koki, dan untuk pakan tadi sebenarnya banyak alternatif-alternatif lain seperti dapat menggunakan susu bubuk, atau dari kotoran dalam filter ikan koki dan lain-lain.

selamat mencoba kultur kutu air untuk pakan ikan koki.



Artikel Terkait :



Leave a Reply