June 19, 2012

Anatomi Ikan Arwana

0 komentar
level sisik arwana

Ikan Arwana memiliki karakter fisik yang unik. Bentuk kepala bertulang kokoh, dengan tubuh memanjang, berselubung sisik besar dan saling bertumpuk membentuk suatu mosaik yang indah. Sirip punggung dan sirip anal terletak jauh di belakang tubuh. Sirip dada dan perut berukuran kecil (Gambar 1).

ikan arowana

Gambar 1. Bagian-bagian tubuh Arwana (Sumber: www.arowana.co.uk – modified)


Salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan seringkali menentukan kualitas ikan Arwana adalah kondisi susunan dan motif sisik, terutama dilihat dari kesempurnaan bentuk sisik dan warnanya. Bagian sisik Arwana memiliki warna utama yang disebut warna dasar (base color). Warna dasar ini biasanya dikelilingi oleh warna lain yang lebih gelap/pudar, berpola melingkar/cincin yang disebut cincin kedua. Sedangkan pola warna cincin yang terdapat pada bagian paling luar atau paling tepi dari sisik disebut cincin pertama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 2 di bagian pojok kanan atas (www.Arowana.co.uk – modified) .

Sisik ikan Arwana dibagi menjadi 6 level (tingkat/baris) yang dihitung dari arah badan bagian bawah ke atas. Level atau baris sisik pertama terdapat pada bagian perut, baris sisik yang terletak di atas perut di sebut level kedua, demikian seterusnya hingga level 6 yang berada pada bagian paling atas (punggung). Pembagian level sisik ini dapat dilihat pada Gambar 3 (di atas). Level/Baris sisik ini sangat penting dalam menentukan kualitas arwana, terutama Arwana emas (Red Tail Golden/Indonesian Golden dan Crossback Golden asal negeri jiran Malaysia).

Ciri unik lainnya dari arwana adalah adanya semacam pelat tulang yang ditumbuhi gigi dan terletak di lantai bawah mulut. Pelat tulang ini berbentuk seperti lidah, sehingga arwana seringkali disebut sebagai ikan berlidah tulang (bonytongue fish) seperti tampak pada Gambar 3 di bawah ini.

anatomi ikan arwana

Gambar 3. Anatomi ikan Arwana


Tags :



Artikel Terkait :



Leave a Reply