March 18, 2016

Budidaya Bekicot Untuk Pakan Ikan Lele

0 komentar
 photo bekicot.jpg

A. Persiapan Sarana

Perkandangan tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, namun persyaratan mengenai kelembaban dan keteduhan perkandangan perlu diperhatikan, karena dalam habitat aslinya bekicot berkembang biak secara baik bekicot dalam kondisi lingkungan yang lembab dan teduh. Kandang didirikan di tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25-30 derajat C.

Jika di buat di kota, lahan perkandangan dapat di kondisikan di tempat yang teduh, dengan memberikan perlindungan berupa tanaman, tanaman diletakan di sekitar kandang. Untuk menjaga kelembaban dapat diletakan ember-ember berisi air. Tapi jangan lupa untuk memberikan bubuk abate atau memasukan ikan kecil di dalam ember air, untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Cara pemeliharaan bekicot tidak terlalu sulit. Bisa dilakukan secara terpisah, artinya bekicot yang kecil dipelihara terpisah dari yang besar. Bisa juga dilakukan secara campuran, yaitu bekicot kecil dan besar dipelihara dalam satu kandang tanpa melihat umur/besarnya. Bila dilakukan secara terpisah resikonya harus dibuat beberapa kandang. Fungsi kandang itu antara lain untuk penetasan, pembesaran dan sebagai kandang induk.

Ada tiga macam kandang pemeliharaan bekicot:
Kandang Dari Bak Semen
Ukuran bak semen 1 x 1 m , tinggi 1 m, bagian atas bak diberi tutup kawat kasa agar bekicot tidsk ksbur. Dalam bak semen yang perlu diperhatikan adalah alasnya. Untuk menciptakan suasana lembab, alas semen perlu diberi tanah dan cacing untuk menggemburkan tanah dan menyerap kotoran yang dikeluarkan bekicot. Tebal lapisan tanah di dalam bak sekitar 30 cm. Zat-zat makanan yang diperlukan bekicot hendaklah selalu tersedia di dalam bak

Kandang Kotak Kayu
Kandang terbuat dalam lembaran kayu tripleks yang berkaki. Untuk kerangkanya dapat digunakan kayu kaso. Ukuran panjang dan lebar kandang adalah 1 x 1 meter, tinggi 1,25 meter. Di atas kotak tersebut diberi kawat kasa, agar bekicot tidak keluar dari dalam kandang. Sebaiknya di atas kotak perlu dibuatkan tempat berteduh, agar keadaan tempat selalu gelap/tidak langsung kena sinar matahari.

Kandang Galian Tanah
Pada prinsipnya kandang galian tanah sama dengan kandang semen, perbedaannya hanya menggali tanah, tanah digali dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 1 x 1 x 1 m. Perlu diperhatikan sebaiknya tanah galian yang akan digunakan untuk kandang dipilih yang agak kering. Sebaiknya kandang dibuat di bawah pohon yang rimbun, kalau dindingnya terlalu basah perlu diberi lapisan pasir. Untuk menjaga keadaan selalu gelap, seperti cara pertama dan kedua, di atas kandang perlu dibuatkan bedeng sebagai penutup.

B. Penyiapan Bibit

Jenis bekicot yang banyak dibudidayakan masyarakat adalah jenis Achatina fulica dan Achatina variegate karena memiliki daging yang padat dan besar. Ciri bekicot jenis Achanita fulica biasanya warna garis-garis pada cangkangnya tidak begitu mencolok. Sedangkan jenis Achatina variegate warna garis-garis pada cangkangnya tebal dan berbuku-buku.

a. Pemilihan Bibit Untuk Calon Induk
Bekicot yang baik dijadikan bibit adalah yang tidak rusak/cacat yang sementara waktu dan yang besar dengan berat lebih kurang 75-100 gram/ekor.

b. Reproduksi dan Perkawinan
Bekicot biasanya mulai kawin pada usia enam sampai tujuh bulan ditempat pemeliharaan yang cukup memenuhi syarat. Pada masa kawin bekicot betina mulai menyingkir ke tempat yang lebih aman. Bekicot bertelur di sembarang tempat. Jumlah telurnya setiap penetasan biasanya lebih dari lima puluh butir. Jumlah produksi telur tergantung masa subur bekicot itu sendiri. Besar telur bekicot tidak lebih dari 2 mm.

c. Proses Kelahiran
Telur bekicot akan menetas setelah usianya cukup. Pada waktu telur itu menetas dan menjadi anak cangkang, biasanya tidak ditunggui induknya. Begitu bekicot selesai bertelur, telurnya ditinggalkan begitu saja. Telur bekicot akan pecah sendiri melalui proses alam.

C. Pemeliharaan

Pemeliharaan bekicot bisa dilakukan dengan cara terpisah dan bisa juga secara campuran di dalam suatu tempat. Meskipun cara terpisah membutuhkan tempat khusus tetapi ada keuntungannya. Misalnya, anak bekicot bisa diketahui perkembangannya secara tepat, baik besarnya maupun usianya. Dengan demikian, tidak sulit untuk memberikan perawatan secara khusus. Bagi peternak bekicot sangat mudah kiranya apabila perawatan anak bekicot itu dilakukan di tempat khusus.

Adapun makanan anak bekicot bisa diberi makanan dengan sejenis ganggang (lumut), pupus daun dan sedikit zat kapur. Harus diingat hendaklah tempatnya selalu teduh dan lembab. Setelah anak bekicot berusia dua/tiga bulan, hendaklah dipindahkan kekandang pembesaran. Pakan bekicot adalah dedaunan, seperti kangkung, sawi, pucuk daun pisang, dll.

D. Kandungan Nutrisi Daging Bekicot

Sebagai salah satu pakanikan alternatif, khususnya untuk ikan lele, bekicot tergolong pakan yang kaya protein. Diberikan ke ikan dalam keadaan segar, caranya bekicot mentah, setelah diremukkan cangkangnya, bisa dirajang-rajang dan diberikan langsung ke kolam lele .

Untuk pengolahan campuran pakan dalam bentuk tepung bekicot, Pecahkan bekicot dicuci bersih sampai hilang lendir-lendir yang ada. Kemudian kita kukus selama 1 jam jika pakai panci biasa, kalau pakai panci presto dikukus kira-kira 30 menit. Angkat dan tiriskan hingga dingin, lalu kita giling dengan gilingan daging, jemur sampai kering. Setelah kering, kita giling kembali agar teksturnya menjadi halus seperti tepung hingga mudah di campur dengan bahan pakan lain.

Kandungan Nutrisi Bekicot :
Komponen Jumlah Persen
Lemak Total 1,4 g 2 %
Karbohidrat 2 g 1 %
Protein 16 g 32 %
Vitamin E 5,00 mg 17 %
Vitamin A 100,00 IU 2 %
Vitamin B12 0,50 mg 8 %
Vitamin B6 0,130 mg 6 %
Zat Besi 3,50 mg 19 %
Zinc 1,00 mg 7 %
Calsium 10,00 mg 1 %
Fosfor 272,00 mg 27 %
Potasium 282,00 mg 8 %
Selenium 27,4 mg 39 %
Magnesium 250,00 mg 62 %
Sodium 70,00 mg 3 %
Abu 1,30 g -
Air 79,20 g -





Artikel Terkait :



Leave a Reply